Sejarah Asuransi  Allianz Syariah Di Indonesia

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh..kali ini kita akan membahas tentang sedikit  awal mula masuknya asuransi Allianz syariah ke Indonesia.

Saat ini, asuransi bukan lagi kata-kata yang membuat sebagian orang mengerutkan dahi, seperti di jaman awal hadirnya asuransi di Indonesia,

Yang ada waktu memang hanya asuransi jiwa.  Jika meninggal uang pertangungan akan di keluarkan oleh perusahaan asuransi tersebut. dan itulah yang membuat pandagan tentang asuransi jiwa begitu menakutkan untuk sebagian orang. Karena jika sudah bicara asuransi, lansung yang terbayang adalah kematian.

Berbeda dengan asuransi yang ada di saat ini, orang sudah mulai menyukai asuransi jiwa, karena selain manfaat uang pertangungan, nasabah juga akan mendapat nilai investasi pada asuransi jiwa yang bertipe unit link. ( Apa itu unit link baca disini )

Dan karena di Indonesia mayoritas masyarakatnya adalah muslim, membuat perusahaan asuransi jiwa Allianz, meluncurkan produk syariah. Tetapi sebelum perusahaan asuransi jiwa Allianz mengeluarkan produk syariah, jauh sebelumnya asuransi syariah telah ada di Indonesia.

Kehadiran asuransi jiwa syariah pertama di Indonesia, adalah buah dari pemikiran para Cendikiawan Muslim lndonesia ( ICMI ) yang saat itu di ketuai oleh Prof. Dr. B.J. Habibie , dari hasil pemikiran itu lahirlah PT Asuransi Takaful Umum Asuransi Jiwa, dimana baik produk atau pun sistem nya di kelola secara syariah,

Asuransi Takaful adalah pelopor Asuransi jiwa syariah di Indonesia. dan meng-inspirasi perusahaan asuransi lainnya seperti perusahaan asuransi Prudential, AIA DLL termasuk perusahaan asuransi jiwa Allianz,

Berawal di tahun 2006

Perusahaan asuransi jiwa Allianz begitu cermat dalam melihat potensi pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia, dan hal itu yang membuat perusahaan asuransi Allianz meluncurkan produk asuransi jiwa syariah. Di tahun 2006,  mulai di luncurkan dan di pasarkan oleh agen asuransi Allianz, dan keputusan itu ternyata sangat tepat. Karena pertumbuhan asuransi syariah di Indonesia ( khususnya Allianz ) tumbuh sangat pesat.

Banyak pertanyaan yang di berikan pada kami, mengapa harus syariah? Dan apa bedanya syariah dengan konvesional? Asuransi syariah bukan di khususkan untuk ummat muslim saja, tetapi ada juga beberapa nasabah kami yang non muslim memilih asuransi syariah, sebagai proteksi mengalihan resiko keuangan mereka ketika terjadi resiko.

Alasannya sederhana. Karena dana yang ada di asuransi syariah tidak akan di alokasikan pada perusahaan yang bebas seperti dana yang ada di asuransi konvensional, seperti perusahaan minuman, rokok Dll. Jadi nasabah kami ini tenang karena dananya di alokasikan pada pasar yang jelas dan halal. Dan nasabah kami itu  juga suka dengan konsep tolong menolong yang ada di asuransi Allianz syariah.

Konsep asuransi Allianz syariah adalah tolong menolong dan saling membantu sesama anggota  yang di timpa kesulitan, dan itu adalah konsep dasar asuransi syariah. Dan pada konsep ini seluruh dana kontribusi peserta akan di alokasikan secara trasparan, dan berbeda dengan asuransi konvensional. Kontribusi dana peserta akan di kumpulkan kedalam dana tabarru, Dan dana yang telah terkumpul itu yang digunakan untuk menolong peserta lain yang terkena musibah(  baca juga allianz syariah memberikan manfaat pada nasabah )

Sejak 2006 sampai saat ini minat masyarakat terhadap asuransi Allianz syariah sangat besar, hal  itu membuat perusahaan asuransi Allianz syariah hampir setiap tahun mendapat penghargaan. ( Baca disini ) Dan hal itu tak lepas dari kepuasan para nasabah asuransi Allianz syariah, yang telah merasakan manfaat yang mereka miliki.

asuransi allianz syariah

Dan setiap tahun laporang pengunaan dana tabarru, hasil investasi, dan biaya pengelola akan di laporkan dengan jelas melalui email atau pun melalui surat pada setiap nasabah asuransi Allianz syariah.

Melesatnya pertumbuhan asuransi Allianz syariah di Indonesia tak lepas dari proses yang trasparan yang di berikan pada nasabah, dan juga dengan konsep tolong menolong yang membuat nasabahah asuransi Allianz syariah merasakan kenyamanan dan juga kehalal-an nya.

Dan juga beberapa hal lain yang mendukung pertumbuhan asuransi Allianz syariah, seperti banyak nya agen asuransi Allianz syariah yang mengusai produk dan juga hal lain, yang membuat nasabah senang. Apa lagi saat ini klaim juga sangat gampang, dan untuk membayar premi juga tak perlu lagi ke ATM, banyak pilihan pembayaran yang di tawarkan oleh Allianz, dan yang paling gampang adalah ketika belanja ke Indomaret pun kita bisa membayar premi.

Dengan kemudahan-kemudahan yang ada di asuransi Allianz syariah, tentu akan semankin membuat Anda yang sedang mencari asuransi, atau yang telah menjadi nasabah, semankin bisa memantap kan pilihan, dan juga tenang dan nyaman menjadi bagian asuransi Allianz syariah. Begitu juga dengan kami sebagai tenaga pemasar ( agen asuransi Allianz ) juga semankin bangga bisa memberi yang terbaik pada nasabah kami semua.

Demikian lah pembahasan yang sangat sederhana dari kami, jika Anda ingin berdiskusi tentang asuransi Allianz syariah silahkan hubungi kami di kontak yang telah kami sediakan, terima kasih sampai jumpa di artikel selanjutnya

asuransi allianz syariah