Agen Asuransi Adalah Ujung Tombak Perusahaan

Dalam beberapa tahun ini, pertumbuhan asuransi di tanah air meningkat cukup pesat. Hal ini disebabkan oleh faktor dari perusahaan-perusahaan asuransi itu sendiri, dan juga faktor dari Pemerintah Indonesia.

Di era persaingan usaha yang sangat ketat dan terbuka, membuat perusahaan-perusahaan asuransi terus memperbaiki diri agar mampu bersaing secara sehat. Pembaharuan dalam metode penjualan, peningkatan pelayanan kepada nasabah hingga memunculkan produk-produk yang baru yang sangat bermanfaat bagi calon-calon nasabah, merupakan langkah-langkah yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan asuransi.

Pemerintah indonesia pun ikut berperan dalam ‘mempromosikan’ asuransi kepada masyarakat. Melalui program BPJS Kesehatan, pemerintah ikut membuka ‘mata’ masyarakat indonesia tentang pentingnya arti asuransi, khususnya asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Paradigma masyarakat terhadap asuransi jiwa pun perlahan semakin baik/positif. Walaupun jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti malaysia, jumlah masyarakat Indonesia yang ‘sadar’ asuransi, masih kalah jauh jumlahnya. Baca juga : asuransi Allianz Tapro lebih dari sekedar asuransi

Agen Asuransi Adalah Ujung Tombak Perusahaan

Semakin bertumbahnya jumlah “masyarakat sadar asuransi”, membuat perusahaan asuransi pun tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari bermunculannya perusahaan-perusahaan asuransi baru dari dalam negeri dan berdatangannya perusahaan-perusahaan dari luar negeri. Seperti yang telah tertulis diatas, bahwa perusahaan-perusahaan asuransi terus memperbaiki diri, ada hal yang sangat penting yang sangat serius ditingkatkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi, yaitu agen. ya benar…

Agen Asuransi. Karena bagaimana pun juga, ujung tombak sebuah perusahaan asuransi, ada pada agen asuransinya. Sepak terjang agen asuansi, menjadi hal yang paling disorot oleh masyarakat. Pelayanan pertama kepada nasabah, ada pada agen asuransi. Padahal, pelayanan merupakan issue yang paling utama dalam dunia asuransi. Kredibilitas sebuah perusahaan asuransi, terletak terutama pada pelayanannya kepada nasabah. Untuk itulah, perusahaan-perusahaan asuransi secara konsisten terus meningkatkan kemampuan agennya melalui pendidikan-pendidikan dan pelatihan-pelatihan.

Kondisi diatas, tentunya memunculkan situasi  ‘saling memberi manfaat positif’. Dengan terus meningkatnya kemampuan perusahaan asuransi, baik dari sisi agennya, dari sisi sistem pelayanan, dan ragam produknya, masyarakat semakin percaya dengan asuransi, hal ini akan membuat meningkatnya jumlah ‘masyarakat sadar asuransi’, yang tentu membawa manfaat positif bagi perusahaan asuransi. Namun munculnya perusahaan-perusahaan asuransi baru, harus disikapi dengan bijak dan hati-hati oleh calon-calon nasabah. Calon Nasabah tetap harus selektif jika hendak ‘membeli’ polis asuransi jiwa dan atau kesehatan.

Ada 3 hal yang harus dicermati oleh calon nasabah, yaitu : Perusahaan Asuransinya, Agen Asuransinya, dan Jenis Produknya. Calon nasabah, sebaiknya memilih perusahaan asuransi yang sudah memiliki nama besar dan kredibilitas yang baik. Tingkat Kemapanan perusahaan asuransi menjadi manjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Untuk Jenis Produk, sebaiknya calon nasabah meminta penjelasan yang sebaik-baiknya dan sejelas-jelasnya kepada agen asuransi. sangat disarankan untuk bertemu langsung dengan agen asuransi agar penjelasan yang diberikan lebih bisa dimengerti. Untuk tips memilih agen asuransi, anda dapat membacanya dengan meng-Klik disini

Pertumbuhan dunia asuransi yang semakin baik, tentunya juga membuka peluang usaha bagi masyarakat. bagaimana caranya..? Yaitu dengan menjadi Agen Asuransi. Menurut Pasal 1 ayat 10 UU No.2 Tahun 1992, seorang agen asuransi dapat didefinisakan sebagai ‘seseorang atau badan hukum yang kegiatannya memberikan jasa dalam memasarkan jasa asuransi untuk dan atas nama penanggung (Perusahaan Asuransi)’. Dalam hal mengenai ketentuan agen asuransi,  diatur dalam PP no.73 tahun 1992 Pasal 27 yang menyebutkan bahwa :

  1. Setiap agen asuransi hanya dapat menjadi agen dari satu perusahaan asuransi saja.
  2. Agen asuransi wajib memiliki perjanjian keagenan dengan perusahaan asuransi yang diageninya
  3. Semua tindakan agen asuransi yang berkaitan dengan transaksi asuransi menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi yang diageninya
  4. Agen asuransi dalam menjalankan kegiatannya harus memberikan keterangan yang benar dan jelas kepada calon tertanggung tentang program asuransi yang dipasarkan dan ketentuan isi polis, termasuk hak dan kewajiban calon tertanggung tersebut.

Hal tersebut diatas mencerminkan bahwa betapa profesi agen asuransi menjadi salah satu faktor penting dalam dunia asuransi, sehingga pemerintah mengeluarkan peraturan resmi tentang agen asuransi. Agen asuransi iiwa pun diawasi juga oleh badan resmi yaitu AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) sehingga seorang agen tidak bisa bekerja untuk dua perusahaan asuransi berbeda karena agen asuransi yang resmi terdaftar dan memiliki lisensi resmi dari AAJI. Seorang agen asuransi memang dituntut untuk fokus bukan hanya pada pemasaran, tetapi yang lebih utama adalah pada PELAYANAN kepada nasabah.

Sistem perhitungan penghasilan yang terdapat di dunia keagenan asuransi jiwa, membuat seorang agen asuransi yang fokus dan konsisten akan memiliki penghasilan yang luar biasa. Dengan sistem perhitungan penghasilan ini dan juga dengan terus meningkatnya asuransi jiwa di indonesia, semakin banyak orang yang berminat untuk menjadi agen asuransi. Bahkan mungkin juga anda, (pembaca), juga ingin menjadi agen asuransi.

Jika anda ingin mengetahui potensi penghasilan seorang agen asuransi dan juga cara-cara menjadi agen asuransi, anda dapat mengontak saya. Dalam sebuah perusahaan asuransi yang baik dan profesional, seorang agen diberikan banyak pendidikan dan pelatihan. Demikian pula di tempat perusahaan saya bernaung, yaitu Allianz, yang memberikan fasilitas pendidikan dan pelatihan bagi agen-agennya, agar mampu tumbuh dan berkembang menjadi seorang agen yang mampu memberikan pelayanan yang baik bagi nasabah, mampu memberikan penjelasan dan informasi yang sangat jelas kepada masyarakat tentang asuransi jiwa dan kesehatan, dan menjadi seorang agen yang sukses secara finansial dan kepribadian.

sekian